#TanyaAhok || Lulung: Dukungan HMP Semakin Bertambah

Lulung: Dukungan HMP Semakin Bertambah : aktual.co
HMP Gubernur DKI 

"Sudah 60 orang yang tanda tangan dukung HMP, ya mungkin akan terus bertambah,"


Jakarta, Aktual.co — Dukungan digulirkannya Hak Menyatakan Pendapat (HMP) kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok semakin hari semakin bertambah.

Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana mengatakan jumlah anggota dewan yang menandatangani dukungan dalam pelaksanaan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) terhadap Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat ini semakin bertambah bahkan saat ini telah berjumlah hingga 60 orang.

"Sudah 60 orang yang tanda tangan dukung HMP, ya mungkin akan terus bertambah," katanya, Jumat (10/4). 

Ketua umum Pemuda Panca Marga ini mengklaim jumlah tersebut sudah melebihi batas minimal dari syarat quorum dalam melaksanakan HMP yakni  23 tanda tangan.

Diketahui total semua anggota DPRD DKI adalah 106 orang, Itu artinya ujar Lulung lebih dari 50 persen dari anggota DPRD yang sudah menyetujui HMP.

Kendati demikian Lulung belum dapat memastikan anggota DPRD dari fraksi mana saja yang sudah membubuhkan tanda tangan tangannya itu.

"Minimalnya kan 23 tanda tangan, ya. Nah, ini sudah lebih. Ini didapat dari beberapa fraksi-lah," ujar Lulung. 

Dua fraksi di DPRD DKI sudah bulat menyatakan sikapnya terhadap HMP yakni Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi PPP sudah menyatakan mendukung total bergulirnya Hak Menyatakan Pendapat hingga berujung pada pemakzulan Gubernur Ahok. 

Sementara itu menurut Hasbyallah Ilyas Ketua Fraksi PKB bahwa dua fraksi lain yakni Nasdem dan PKB sudah menyatakan menolak HMP dengan dalih lebih menyayangi masyarakat Jakarta. Lantaran sudah terkatung-katungnya percepatan pembangunan akibat kisruh APBD DKI Jakarta yang sudah berbulan-bulan ini.

"Kita lebih menyayangi masyarakatn ini sudah terlalu lama, sehingga sudah cukup menurut PKB sampai disitu, pembangunan harus berjalan," katanya. 

Kemudian, fraksi lain seperti PDIP, Golkar, Demokrat-PAN, PKS, Hanura, dan  sejauh ini belum menyatakan sikap resminya. Namun dari hasil penulusuran Aktual.co sejumlah anggota DPRD yang membubuhkan tanda-tangannya dalam draf dukungan HMP berasal dari beberapa Fraksi yakni Golkar, Demokrat-PAN, PKS dan Hanura.

Aktual pun berhasil mendapatkan informasi apabila HMP positif digunakan DPRD DKI Jakarta maka ketua panitia HMP akan ditunjuk Wakil Ketua DPRD Abraham Lunggana dari Fraksi PPP sementara untuk Sekretaris panitia HMP akan ditunjuk kepada Ketua Fraksi Golkar Zainuddin atau yang akrab disapa Haji Oding.

sumber: Aktual

0 Response to "#TanyaAhok || Lulung: Dukungan HMP Semakin Bertambah"

Post a Comment

Total Pageviews