Aplikasi Untuk Penumpang Commuter Line


Peneliti dari Universitas Indonesia (UI) menciptakan sebuah aplikasi berbasi Android yang fungsinya untuk memberikan informasi jadwal kereta dan posisi kereta rel listrik (KRL) serta dapat memberikan informasi gangguan perjalanan secara 'real time'.

Aplikasi ini bernaman "KCJ Train" diciptakan oleh tiga peneliti yakni Dr. Nadia Yovani, M.Si dari jurusan sosiologi bersama Himawan Pratama, M.Si ari sastra Jepang dan Tridianto Subagia, S.Kom dari ilmu komputer dengan bekerja sma dengan PT. KAI Commuter Jabodetabek.

Selain informasi yang diberikan melalui aplikasi ini, para pengguna KRL juga dapat menyampaikan keluhannya melalui aplikasi ini. 

Nadia Yovani mengatakan bahwa pembuatan aplikasi ini berdasarkan pada penelitian ilmiah yang dilakukan selama 2 tahun tentang kultur pengguna transportasi umum di Jepang dan Indonesia.

Para peneliti membandingkan data dari pengguna transportasi umum di Jepang maupun Indonesia. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasanpelanggan kereta dipengaruhi dari keberhasilan operator kereta dalam memberikan informasi yang baik kepada pelanggannya. 

0 Response to "Aplikasi Untuk Penumpang Commuter Line"

Post a Comment

Total Pageviews